Chef Afi : Dari Hobi Jadi Bisnis

 

img_20150222_122624

 

Sebutan Chef yang didapatkan oleh Chef Afi, berasal dari orang-orang sekitar yang memuji keahliannya dalam memasak.

Apakah ada Semuda yang hobi memasak?

Kalau begitu, Semuda punya hobi yang sama nih dengan salah satu teman inspiratif kita. Karena kali ini, Tim Semud berkesempatan untuk mengobrol dengan Amalia Nur Afifah atau dikenal dengan nama, Chef Afi.

Gadis kelahiran  Semarang, 12 Januari 1995 ini, sudah memulai bisnis Snack, Cake, & Katering di usia muda loh, Semuda! Dilatar belakangi kecintaannya pada dunia kuliner dan memasak sejak kecil, membuat Chef Afi berinisiatif untuk membuka bisnis tersebut. Tak hanya itu, sejak kecil, Chef Afi juga bermimpi untuk menjadi seorang chef yang sukses dan bisa membahagiakan kedua orangtuanya.

Saat ini, Chef Afi tengah sibuk dalam tugas akhirnya sebagai mahasiswa D3 Hubungan Masyarakat, Universitas Diponegoro. Selain itu, Chef Afi juga sibuk untuk mengisi acara-acara memasak, yang diadakan di berbagai tempat di sekitar Semarang. “Keuntungan yang saya dapatkan Alhamdulillah. Dengan ilmu boga yang saya miliki, saya dapat mengisi acara sebagai pembicara di acara kewirausahaan & menjadi tentor dalam pelatihan cooking / baking class,” jelas Chef Afi saat diwawancarai hari Senin (5/11).

Untuk saat ini, Chef Afi hanya memproduksi makanannya ketika sedang menerima pesanan, sehingga masih mampu untuk membagi waktu dengan akademiknya. Selain itu, Chef Afi juga mengaku bahwa manajemen waktu menjadi hal yang penting, agar tak terjadi tumpang tindih dengan jadwal kuliah.

Sulung dari pasangan Teguh Purwanto (Ayah) dan Marsini (Ibu) ini, juga pernah menjuarai beberapa lomba memasak. Seperti salah satunya saat menjuarai lomba kreasi nasi goreng.

Sebagai suntikan motivasi untuk Semuda, Chef Afi berbaik hati untuk berbagi tips bagi anak muda, terutama mahasiswa. “Mahasiswa itu harus produktif, lakukanlah kegiatan lain selain kuliah. Misalnya ikut organisasi, ikut kegiatan yg sesuai hobi kita ataupun berbisnis. Karena mahasiswa selain punya hard skill juga harus punya/ mendalami soft skill.”

Nah semuda, semoga apa yang dilakukan oleh Chef Afi ini dapat menginspirasi kita semua ya. Karena menjadi muda berarti juga berani berusaha. Serta juga, semoga saja, Chef Afi mampu mempertahankan usaha katering-nya dan mampu menggapai impiannya untuk menjadi seorang chef yang sukses.

Penulis: Afriyani

Editor: Ananda Nabila Setyani

 

Leave a comment