Firna Larasanti: Perlu Kerja Keras Dalam Meraih Mimpi

fl 1.jpg

Firna Larasanti, gadis berprestasi asal Semarang yang tak pernah kenal lelah dalam menggapai mimpinya.

 

Halo Semuda! Siapa, sih, yang nggak pengen bisa melanjutkan studi ke luar negeri dengan program beasiswa? Semud yakin, itu sudah jadi impian banyak mahasiswa, deh! Sayangnya, tidak banyak yang mampu menggapainya.

Firna Larasanti atau akrab disapa Firna, merupakan salah satu dari Semuda yang beruntung. Firna yang telah menyelesaikan studinya dengan predikat cumlaude di Program Studi Ilmu Politik Universitas Negeri Semarang (UNNES) ini, sudah diterima di dua universitas, yakni Auckland University dan Otago University, loh.

Apasih yang menjadi kisah dibalik keberhasilan dari Firna ini?

Tentunya, ada usaha, ada hasil. Begitu hukum alamnya. Tentu bukan hal yang mudah untuk Firna dapat mencapai mimpinya. Untuk menyokong kehidupan perkuliahannya sendiri, Firna harus bekerja. Ia tidak bisa hanya mengandalkan penghasilan dari orangtuanya. Sang ayah merupakan seorang pemulung dan sang ibu bekerja serabutan untuk mendukung perekonomian keluarga. Tidak pernah ada yang menyangka bahwa Firna mampu menyelesaikan pendidikan setinggi ini. “Bahkan dari Bapak sama Ibu aja sempat nggak yakin,” kenang Firna.

Dengan penghasilan yang tidak pasti dan belum tentu menutupi kebutuhan sehari-hari, wajar jika kedua orangtuanya merasa pesimis. Mimpi Firna sangat berbeda dengan mimpi kebanyakan keluarga pemulung lainnya. Namun, anak dari pasangan Misiyanto (57) dan Siti Suswanti (46) ini sangat yakin dengan mimpinya.

Ketika ditentang sang ibu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, diam-diam gadis kelahiran Semarang ini mencari informasi seputar beasiswa. Gigih dalam belajar, akhirnya Firna berhasil mendapatkan beasiswa selama masa perkuliahannya, sehingga kedua orangtua Firna tidak terbebani untuk memenuhi kebutuhan biaya kuliah Firna. Bukan hanya itu, untuk memenuhi kebutuhan lainnya selama kuliah, Firna pun memilih untuk bekerja.

Lulus pada pertengahan 2016 dengan predikat cumlaude. Perjuangannya dalam menempuh jenjang pendidikan nyatanya tidak berhenti sampai di sana. Firna kemudian melanjutkan studinya ke luar negeri dengan ikut seleksi beasiswa LPDP dan akhirnya lolos.

Wah, hebat banget, ya, Semuda? Siapa yang nggak mau jadi seperti Kak Firna? Yuk, kita juga nggak boleh kalah pastinya, Semuda!

 

Penulis: Nafisa Nurul Adina

Editor: Afriyani

Leave a comment