Dokter Data: Event Tahunan Ke-8 Mahasiswa Statistika Undip

dd-1

Dokter Data (9/11) menyiapkan spot photobooth bagi pengunjung agar bisa berfoto sebelum memasuki area acara.

Halo Semuda! Ada event besar nih yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Statistika UNDIP. Yap! Dokter Data namanya. Dokter Data tahun ini merupakan event ke-8 yang sudah diselenggarakan dari tahun ke tahun. Nama Dokter Data sendiri memiliki filosofi bahwa mahasiswa statistika selalu berhubungan dengan data-data yang harus didiagnosa dan kemudian diolah. Yang berbeda pada acara Dokter Data tahun ini, yaitu untuk mahasiswa–mahasiswa statistika dapat konsultasi dan belajar langsung mengenai bagaimana mengolah data yang benar secara gratis.

Tema yang diusung Dokter Data tahun ini adalah Statistics Rises Up the Culture dengan tagline Cheers the Culture Up!. “Kenapa kita mengangkat tema kebudayaan? Karena kita semua ingin membangkitkan semangat dari mahasiswa agar mereka tidak melupakan kebudayaan Indonesia” jelas Fadli, ketua panitia Dokter Data.

Acara ini diselenggarakan dari 7-9 November 2016 di Lapangan Basket Fakultas Sains dan Matematika, Undip. Acara selama tiga hari ini, merupakan acara pre-event. Adapun acara lanjutan-nya berupa malam puncak yang berlangsung pada tanggal 12 November 2016 di halaman Kantor Gubernur, Semarang. Acara ini diisi oleh lebih dari 50 pengisi acara, mulai dari kelompok akustik, lomba tari tradisional, hingga penampilan dari ikatan – ikatan mahasiswa yang ada di Semarang, dimana ikatan mahasiswa tersebut mewakili ikatan mahasiswa dari Sabang sampai Merauke dan diisi oleh 14 stand, yaitu 6 stand untuk komunitas dan sisanya adalah stand makanan dan minuman.

dd-2

Pengunjung yang masih antusias untuk berada di acara Dokter Data, (9/11) tetap ramai walaupun diguyur hujan. 

Sesuai dengan tema yang diusung, malam puncak Dokter Data nantinya akan diramaikan oleh pagelaran budaya nusantara, yang akan menampilkan berbagai kebudayaan yang ada di Indonesia. Tujuan diadakan-nya Dokter Data tahun ini, yaitu agar dapat menambah dan meningkatkan eksistensi seluruh mahasiswa, khususnya mahasiswa statistika Undip dengan tidak melupakan kebudayaan Indonesia yang beragam.  

Penulis : Nindya Siniwi

Editor : Ananda Nabila Setyani

Leave a comment